Home ⁄ Blog ⁄ MAU BIKIN DODOL TANPA KHAWATIR CAPEK ?

MAU BIKIN DODOL TANPA KHAWATIR CAPEK ?

MAU BIKIN DODOL TANPA KHAWATIR CAPEK ?
MAU BIKIN DODOL TANPA KHAWATIR CAPEK ?

Mengenal Dodol

Siapa yang belum mengenal sama jajanan dodol ? Yaps..  Dodol merupakan jajanan yang memiliki rasa manis. Selain itu dodol ini termasuk jajanan tradisional yang populer dan dicintai, salah satunya di negara Indonesia. Jajanan dodol memiliki bahan yang berbeda dalam proses olahannya. Salah satunya ada yang diolah dari buah-buahan, bisa juga rempah seperti jahe, kemudian ada yang diolah dari tepung-tepungan.

Pada jajanan dodol memiliki sebutan berbeda, salah satunya di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menyebutnya dengan jenang. Makanan Jenang ini lebih lembek dari pada dodol, serta lebih basah untuk adonannya. Jajanan dodol salah satu makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar gula jawa dan santan. Kemudian ditambahi dengan bahan lain yang membuat rasa dan bentuk dikemas menjadi unik. Tekstur dalam proses pengolahaan dodol secara tradisional sangat disukai dan juga memiliki umur simpan yang lama.

Namun dengan menggunakan pengolahan tradisional cenderung kurang efesien. Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama, tenaga kerja yang cukup banyak, dan juga membutuhkan biaya produksi yang lumayan tinggi. Sehingga perlu teknologi yang mempermudah untuk proses pengolahaannya.

Cara Pembuatan

Pada pembuatan dodol biasanya ada dua penggolongan yaitu ada yang dari beras ketan dan dari buah-buahan. Jajanan dodol yang terbuat dari daging buah matang dimana akan dihancurkan. Kemudian dimasak serta ditambahkan gula untuk menambahkan cita rasa yang khas yaitu manis. Tak hanya itu untuk pembuatan dodol dengan rasa buah-buahan bisa ditambahkan lagi dengan bahan pewarna atau pun pengawet makanan.

Pembuatan dodol dengan bahan buah-buahan dapat meningkatkan kualitas gizi dodol. Nilai gizi dodol dipengaruhi beberapa faktor salah satunya proses memasak yang meliputi suhu dan waktu, serta bahan baku yang digunakan. Kemudian untuk meningkatkan kandungan gizi dodol dengan zat tambahan yang tinggi yaitu vitamin dan juga kandungan protein. Jika pada jajanan dodol memiliki nilai gizi yang relatif rendah dan juga kadar gula yang tinggi dimana bagi penderita penyakit diabetes militus tidak disarankan untuk mengkonsumsinya.

Pada proses pembuatan selain nilai gizi, umur simpan juga diperlukan. Umur simpan dalam pembuatan sangat dipengaruhi juga oleh bahan baku, proses pengolahan, serta proses pengemasan. Pada proses pengemasan menggunakan solusi untuk mempertahan kualitas dodol dan mencegah kerusakan dodol. Solusi tersebut menggunakan edible coating dan kombinasi irradiasi yang mampu memperpanjang umur simpan dodol.

Setiap daerah menghadirkan dodol yang lezat dan juga ada yang terbuat dari bahan baku yang mempunyai kualitas gizi. Pada pembuatan dodol sendiri dikenal cukup rumit, jika menggunakan cara manual atau tradisional. Pasalnya dalam tekstur dodol sendiri ini lengket dan menyulitkan dalam proses pengadukan.

Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, para pengembang dodol memulai dengan memperbaiki proses pembuatan. Pada proses pembuatan dodol ini dilakukan secara terus menerus yaitu dengan diaduk. Pengadukan dalam pembuatan dodol tujuannya untuk mencegah terjadinya pengendapan tepung.

Sehingga Para pengembang membuat teknologi atau mesin untuk mempermudah manusia dalam proses pengadukan. Menggunakan mesin dalam proses pengadukan ini dapat bekerja secara efisien dari segi waktu, dan tenaga. Banyak sekali pembuatan dodol dalam industri rumahan ataupun indutri pabrik. Memproduksi dodol dengan jumlah besar biasanya membutuhkan sebuah mesin pengaduk dodol, dikarenakan pada tekstur dodol yang lengket dan kental akan memakan waktu lama jika menggunakan proses tradisional. Sehingga para pengembang menciptakan mesin pengaduk dodol yang memudahkan para pengusaha dalam proses produksi. Serta mengaduk adonan akan lebih cepat dan mudah.

Jenis Dodol

Jajanan dodol juga ada disetiap kota selain itu memiliki nama tersendiri dimana mencerminkan kekhasannya seperti:

  1. Dodol Garut
    Jenis dodol ini merupakan dodol yang paling terkenal dan khas sunda dari kota Garut. Pada dodol khas Garut ini memiliki macam jenis diantaranya dodol wijen, dodol kacang.
  2. Dodol Betawi
    Kemudian dodol khas betawi memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan dodol yang lain. Jajanan dodol ini memiliki tekstur berwarna hitam kecoklatan. Selain itu bahan dasar yang terasa pada dodol ini ada ketan putih, dan ketan hitam.
  3. Dodol Bali
    Dodol khas bali ini memiliki bentuk unik serta dikemas dengan daun jagung kering. Sehingga membuat aromanya membuat rasa lebih enak. Tak hanya itu cita rasa yang khas yaitu manis legit. Proses pembuatan dodol ini yang khas dalam bahan bakunya adalah ketan hitam, santan dan gula merah.
  4. Dodol Kudus atau Jenang Kudus
    Jenang ini merupakan makanan legendaris khusus di daerah kudus. Kemudian jenangnya memiliki rasa manis legit, empuk dan lengket.
  5. Dodol Sumatra Barat atau Gelamai Sumatra Barat
    Dodol khas Sumatera Barat ini menyebutnya dengan gelamai legit. Gelamai ini mirip dengan dodol Betawi memiliki tekstur berwarna hitam. Selain itu berbahan utamanya adalah tepung beras ketan atau pulut. Serta dicampur dengan gula aren dan santan. Adonan tersebut diaduk hingga merata dan menjadi gelap kecokelatan
  6. Dodol Kalimantan Selatan
    Jenis dodol ini merupakan makanan khas produksi masyarakat Kalimantan Selatan. Selain itu jenis dodol ini menggunakan bahan utama yang sederhana dari beras kentan dan gula aren. Serta memiliki rasa yang legit dan tekstur yang lebih lembut. Serta dalam proses produksinya dikemas dengan sederhana.
  7. Dodol Pontianak
    Jenis dodol ini sangat terkenal dan khas Pontianak. Salah satu jenis dodol Pontianak yaitu dodol labu kuning. Selain dodol ini enak juga merupakan bahan pangan yang mengandung vitamin A dan C, mineral, dan karbohidrat.
  8. Dodol Sumatera Selatan
    Jajanan dodol ini memiliki bahan utama yaitu durian. Olahan dengan bahan utama durian merupakan olahan andalan dari masyarakat Sumatera Selatan yang menyebutnya dengan dodol durian.

Mesin Pengaduk Dodol

Demikian artikel kami tentang “MAU BIKIN DODOL TANPA KHAWATIR CAPEK ?“, Jangan lupa Follow dan Like akun social media kita ya guys

Facebook : https://www.facebook.com/inagiofficial/
Instagram : https://www.instagram.com/inagiofficial/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCCf0TW7DjTv_2iFrt3zxzOg
Website : https://inagi.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *