Home ⁄ Blog ⁄ 4 Cara Melakukan Riset Produk yang Diminati di Pasaran

4 Cara Melakukan Riset Produk yang Diminati di Pasaran

cara melakukan riset
cara melakukan riset

Cara Melakukan Riset – Seiring perkembangan teknologi semakin maju, internet saat ini banyak yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya masyarakat semakin mudah dalam berbagai bidang mulai dari bidang pendidikan, perdagangan hingga pada ekonomi dan bisnis. Dengan teknologi internet yang semakin maju, khususnya dalam bidang perdagangan banyak mengalami perubahan besar dan juga kemajuan yang cukup pesat. Sebelum adanya internet, kegiatan apapun mulai berdagang hingga untuk mempromosikan produk masih menggunakan secara tatap muka atau bertemu langsung.

Namun ketika internet mulai maju secara pesat para pedagang mulai berpindah secara online dengan sistem yang disebut dengan E-commerce. Nah.. dari kalian semua apa sudah mengetahui e-commerce itu seperti apa?. Jadi e-commerce sendiri adalah perdagangan yang dilakukan secara online menggunakan elektronik. Perdagangan yang dilakukan mulai dari memasarkan produk, menjualkan, hingga membeli barang atau jasa yang dijual secara online.

4 cara melakukan riset
Sumber : suara.com

Kemudian tingkat penjualan bisa kita ketahui dengan adanya tren pasar. Nah sebelumnya harus tau tahapan yang dilakukan ketika ingin berjualan barang yaitu dengan melakukan riset produk terlebih dahulu. Selain itu tentu kita harus mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan masyarakat hingga untuk kedepannya serta bagaimana prospek keuntungan bila dijual. Jika ingin menjadi pengusaha, atau seorang penjual tapi tidak mengetahuinya, maka akan kesulitan untuk mencari produk yang dibutuhkan masyarakat tersebut.

Dengan melakukan riset terhadap produk yang akan djual, maka bisa melihat bagaimana potensi produksi dipasaran, serta mengetahui bagaimana trend penjualan saat ini hingga dalam beberapa bulan kedepan. Berikut cara-cara melakukan riset produk yang agar mengetahui mana yang terlaris di pasaran:

Cara Melakukan Riset Produk

  1. Google Trend

    Google Trend
    Sumber : resellerdropship.com

    Dengan menggunakan fitur dari google trend, bisa mencari informasi tentang tren apa saja yang sering ditelusuri atau yang sedang dicari para pengguna internet. Penggunaan google trend ini dimulai dengan memasukan kata kunci yang ingin dicari. Kemudian dihalaman google trend akan muncul grafik. Grafik ini bertujuan untuk menunjukan berapa jumlah pencarian yang dicari para pengguna google sesuai dengan kata kunci tersebut. Ketika grafik itu meningkat maka kata kunci sedang laris di pasaran, kemudian ketika grafik itu turun maka sedang belum ada peminat yang mencari kata kunci tersebut.

  2. Survei Produk di Marketplace

    Survei Produk di Marketplace
    Sumber : thidiweb.com

    Nah untuk bisa mengetahui produk yang laris yaitu mengunjungi setiap marketplace atau tempat belanja online. Ecommerce saat ini yang menjadi populer dipimpin langsung tokopedia. Pada ecommerce ini paling diminati pelanggan, kemudian disusul dengan ecommerce lainnya. Ketika melakukan riset produk dimarketplace harus memahami setiap fitur marketplace. Fitur ini seperti menampilkan produk terlaris, rekomendasi, hingga bisa pelajari jenis produk dan harga barang setiap kompetitor.

  3. Riset Keyword di Google

    Riset Keyword di Google
    Sumber : hermanyudiono.com

    Tujuan melakukan riset ini agar mengetahui keyword apa saja yang sedang tren. Dengan riset akan lebih mudah, cepat, serta akan mendapatkan data yang akurat. Selain itu juga bisa mendapatkan fasilitas yang bisa mendapatkan data. Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak orang yang mencari produk tersebut sebelum akan menjual. Fasilitas yang dimaksud ini adalah Google Keyword Planner. Selain itu juga pada google keyword planner ini bisa memberikan referensi keyword yang sering dicari para konsumen. Nah.. bisa kita akan memulai menentukan produk yang akan dijual.

  4. Mengacu Pada Ulasan Produk

    Mengacu Pada Ulasan Produk
    Sumber : pengusahamuslim.com

    Tujuan untuk mengulas produk di marketplace yaitu mereview diblog ataupun dalam bentuk video di youtube. Dengan adanya itu agar bisa mengetahui mana produk yang direkomendasikan. Sehingga para pengikutnya teracuni ingin membeli atau bisa jadi viral dengan hasil ulasannya yang bagus. Ulasan tersebut biasanya dilakukan para influencer, yang memiliki pengikut banyak. Dengan influencer ini bisa mendapatkan hasil konten atau produk yang ditampilkan yang akan memikat masyarakat.

Demikian mengenai cara melakukan riset produk yang sedang tren dan laris sehingga masyarakat banyak mencari produk tersebut. Beberapa cara diatas bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Para penjual ini dituntut untuk bisa menilai mana produk yang ingin dijual serta mendapatkan tanggapan baik oleh masyarakat.  Selamat mencoba.

(S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *