Konsultasi
news, Teknologi

Rahasia UMKM Kuliner Makassar: Jalangkote Awet dengan Retort

https://id.pinterest.com/pin/188166090674501895/

Kuliner Makassar dikenal dengan cita rasa yang khas dan lezat, salah satunya adalah Jalangkote. Bagi UMKM di industri makanan, menjaga kelezatan yang khas dari Jalangkote sembari membuka peluang dalam memperpanjang umur simpannya adalah hal yang penting, sehingga produk jalangkote dapat dinikati oleh konsumen seluruh Indonesia. Kali ini kami akan membahas cara pengolahan Jalangkote tetap enak dan tahan lama menggunakan mesin mini retort, serta manfaat dari mesin pengawet makanan ini dalam memajukan UMKM kuliner Makassar.

Keunikan Jalangkote Makassar

Sebelum kita membahas lebih jauh dari inovasi mesin pengawet makanan, yuk kita mengenal Jalangkote Makassar yang hampir mirip seperti pastel yang ada di pulau Jawa ini.

  • Isian Kaya Rasa: Jalangkote biasanya diisi dengan campuran daging cincang, wortel, kentang, telur, dan bumbu rempah khas yang memberikan rasa yang lezat khas Makassar. Namun, ada juga yang isinya adalah ubi jalar.
  • Kulit yang Renyah: Kulit Jalangkote memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih, menjadi daya tarik utama makanan ini. Kulit dari Jalangkote juga mirip dengan pastel.
  • Makanan Favorit: Jalangkote adalah hidangan favorit di Makassar dan seringkali dijual sebagai jajanan di jalanan.

Baca Juga:

Pentingnya Umur Simpan Produk Kuliner

Untuk UMKM kuliner, memperpanjang umur simpan produk adalah langkah yang sangat penting. Hal ini membantu pada beberapa aspek berikut ini:

  • Memperluas Pasar: Produk yang tahan lama memungkinkan bisnis kuliner untuk menjangkau pelanggan di luar area lokal.
  • Mengurangi Pemborosan: Produk yang tahan lama mengurangi risiko pemborosan makanan dan membantu mengontrol biaya produksi.
  • Kualitas Produk Terjaga: Mesin retort membantu menjaga kualitas produk seperti rasa, tekstur, dan aroma.

Manfaat Mesin Mini Retort untuk UMKM Kuliner Jalangkote

Mesin mini retort adalah alat penting bagi UMKM kuliner yang ingin memperpanjang umur simpan Jalangkote mereka. Inilah cara mesin retort dapat membantu:

  • Pengawetan Daya Panas: Mesin retort menggunakan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme berbahaya dalam Jalangkote, memastikan keamanan pangan.
  • Pengontrolan: Mesin mini retort modern dilengkapi dengan kontrol yang sangat akurat untuk suhu, tekanan, dan waktu, sehingga memastikan Jalangkote diolah dengan benar.
  • Desain Kompak: Mesin mini retort dirancang dengan ukuran yang sesuai untuk UMKM kuliner dengan ruang terbatas dan cocok bagi usaha kuliner kecil atau menengah.
  • Kualitas Terjaga: Proses retort memungkinkan Jalangkote mempertahankan rasa, tekstur, dan warna aslinya selama masa simpan yang lebih lama.

Langkah-langkah Pengawetan Jalangkote dengan Mesin Mini Retort

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan mesin mini retort untuk mengawetkan Jalangkote:

  1. Persiapan Jalangkote: Jalangkote dipersiapkan dengan bahan-bahan yang berkualitas dan sesuai resepnya, kemudian dikemas dalam kemasan yang pas, seperti kemasan vakum atau wadah yang aman.
  2. Peletakkan pada Mesin Retort: Jalangkote dimasukkan ke dalam mesin mini retort secara perlahan.
  3. Proses Pemanasan: Mesin retort mengawetkan Jalangkote dengan memanaskan pada suhu tinggi selama waktu tertentu. Proses ini dapat membunuh mikroorganisme dan mempertahankan kualitas produk.
  4. Pendinginan: Setelah proses pemanasan selesai, Jalangkote didinginkan dengan cepat untuk menghentikan reaksi biologis.
  5. Penyimpanan dan Distribusi: Jalangkote yang telah disterilkan dengan mesin mini retort siap disimpan dengan baik dan didistribusikan kepada konsumen.

Kesimpulan

Adanya mesin pegawetan makanan ini, UMKM kuliner dapat memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat akan makanan siap saji yang tahan lama. Produk Jalangkote yang tahan lama tidak hanya mendukung pertumbuhan bisnis tetapi juga menjaga tradisi kuliner Makassar tetap hidup dan terjangkau bagi semua masyarakat di Indonesia.

Informasi mengenai mesin pengolahan pangan di atas dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

8 thoughts on “Rahasia UMKM Kuliner Makassar: Jalangkote Awet dengan Retort

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *