Konsultasi
mesin mini retort steriliser, news, Teknologi

Bisnis Jus Mangga Kemasan dengan Mesin Pasteurisasi

INAGI – Pasteurisasi jus mangga adalah proses penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang pengolahan minuman. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan jus mangga yang diproduksi dapat aman dikonsumsi, memiliki umur simpan tahan lebih lama, serta tetap menjaga rasa dan kandungan nutrisinya. Mesin pasteurisasi menjadi solusi efektif untuk menghasilkan produk minuman berkualitas.

Mesin Pasteurisasi

Mesin pasteurisasi adalah perangkat yang digunakan untuk memproses produk minuman pada suhu tertentu dalam waktu tertentu untuk membunuh bakteri patogen tanpa merusak kualitas minuman kemasan. Minuman kemasan jus mangga, pasteurisasi dapat efektif dalam menghilangkan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan pembusukan atau penyakit.

Baca Juga:

Langkah-langkah Proses Pasteurisasi Jus Mangga pada Mesin Pasteurisasi

1. Persiapan Bahan Baku
Pilih mangga yang matang dan grade yang berkualitas. Cuci buah dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan unsur pestisida. Dapat memastikan jus yang dihasilkan dari mangga yang dipilih memiliki rasa dan kandungan nutrisi yang maksimal.

2. Ekstraksi Jus
Kupas mangga dan pisahkan daging buahnya. Gunakan blender atau alat ekstraksi jus untuk mendapatkan sari mangga. Saring jus untuk menghilangkan serat yang kasar, sehingga jus menjadi lebih halus dan mudah diminum.

3. Pemanasan Awal
Sebelum memasukkan jus ke dalam mesin pasteurisasi, panaskan jus pada suhu sekitar 60°C. Hal ini membantu mengurangi jumlah mikroorganisme di awal dan melakukan proses pasteurisasi.

4. Proses Pasteurisasi
Masukkan jus mangga ke dalam mesin pasteurisasi. Atur suhu mesin antara 75°C hingga 85°C dan biarkan selama 15 hingga 30 detik. Suhu dan waktu ini dapat untuk menghilangkan mikroorganisme patogen tanpa merusak kandungan gizi jus mangga.

5. Pendinginan
Setelah proses pemanasan, jus mangga harap segera didinginkan untuk mencegah kontaminasi ulang. Gunakan alat pendingin atau celupkan wadah jus dalam air es. Pendinginan cepat juga membantu menjaga kualitas jus.

6. Pengemasan Steril
Kemas jus mangga dalam botol atau kemasan yang telah disterilkan. Pastikan kemasan tertutup rapat untuk mencegah masuknya bakteri. Pengemasan yang tepat juga membantu memperpanjang umur simpannya.

Manfaat Pasteurisasi Jus Mangga bagi UMKM

Penggunaan mesin pasteurisasi dalam proses produksi jus mangga memberikan berbagai manfaat bagi UMKM. Pertama, produk menjadi lebih aman dikonsumsi karena bebas dari mikroorganisme berbahaya. Kedua, jus mangga yang dipasteurisasi memiliki umur simpan lebih lama, sehingga mengurangi produk cepat basi atau rusak. Ketiga, proses ini dapat menghasilkan rasa asli dan kandungan gizi jus, serta meningkatkan kepuasan konsumen.

Kesimpulan

Proses pasteurisasi jus mangga dengan mesin pasteurisasi adalah metode yang efektif dan efisien bagi UMKM untuk menghasilkan produk minuman berkualitas. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, UMKM dapat menghasilkan produk jus mangga aman, lezat, dan tahan lama, sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Investasi dalam mesin pasteurisasi ialah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas produk pada bisnis kuliner.

Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *