Konsultasi
mesin mini retort steriliser, news

Ekspor Produk UMKM: Ayam Panggang Awet pada Retort

INAGI – Industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat, terutama dalam hal inovasi produk kuliner di pasar internasional. Salah satu contoh produk makanan yang telah mendapatkan perhatian adalah ayam panggang kemasan instan. Kombinasi antara kelezatan dan kemudahan penyimpanan dapat menjadikan produk kuliner populer di pasar domestik, dan dengan adanya teknologi pengawetan alami dari mesin retort shaking INAGI, peluang ekspor produk makanan tersebut semakin terbuka lebar.

Ayam Panggang Kemasan Instan Berkualitas

Ayam panggang kemasan instan menawarkan berbagai keuntungan yang menarik bagi konsumen modern. Produk makanan instan berkualitas memberikan kenyamanan dengan waktu penyajian yang lebih cepat dan tanpa repot mempersiapkan bahan-bahan dari awal. Selain itu, produk ini juga dapat menjaga cita rasa dan tekstur ayam panggang segar, sehingga konsumen dapat menikmati cita rasa autentik tanpa harus memasak dari awal. Di samping itu, aspek kemasan instan menjadikan produk ini memiliki umur simpan yang lebih panjang, menjadikannya pilihan praktis untuk konsumen yang menyukai hal instan.

Baca Juga:

Peran Mesin Retort Shaking

Mesin retort shaking dari INAGI membawa revolusi dalam pengawetan makanan kemasan instan. Dengan teknologi ini, produk makanan dapat diproses dalam kemasan yang tahan panas dengan cara yang efisien dan efektif. Proses retort shaking melalui pemanasan makanan dalam kemasan hingga suhu tinggi yang pas untuk membunuh mikroorganisme patogen dan memperpanjang umur simpan produk. Penggunaan mesin retort shaking membantu UMKM dalam memenuhi standar keamanan pangan yang terjaga, serta menjaga kualitas produk secara konsisten.

Manfaat Ekspor bagi UMKM

Ekspor produk ayam panggang kemasan instan tidak hanya menguntungkan konsumen internasional, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi UMKM lokal. Pertama, ekspor memperluas pangsa pasar, menciptakan peluang peningkatan pendapatan dan pertumbuhan bisnis. Kedua, dengan masuknya ke pasar internasional, UMKM memiliki kesempatan untuk meningkatkan reputasi merek pangan secara global. Ini juga dapat membantu memperkuat posisi UMKM dalam negeri dengan meningkatkan inovasi lebih lanjut dan investasi perangkat produksi yang lebih canggih.

Tantangan dan Solusi

Besarnya potensi ekspor produk ayam panggang kemasan instan, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk regulasi perdagangan internasional, biaya logistik, dan standar kualitas yang ketat. Untuk mengatasi ini, kerjasama antara pemerintah, lembaga keuangan, dan pelaku industri sangat penting. Pemerintah dapat memberikan dukungan dalam hal pelatihan, sertifikasi, dan akses pasar internasional. Lembaga keuangan dapat memberikan fasilitas pinjaman dan investasi yang lebih mudah bagi UMKM kuliner yang ingin memperluas operasi ekspor mereka. Sementara itu, pelaku industri dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kapasitas produksi dan manajemen.

Kesimpulan

Ekspor produk UMKM kuliner seperti ayam panggang kemasan instan adalah langkah penting dalam memperkuat ekonomi domestik dan memperluas kehadiran produk lokal di pasar global. Dengan memanfaatkan pengawetan makanan dari teknologi mesin retort shaking, UMKM dapat meningkatkan kualitas produk makanan, yang dapat memenuhi standar internasional dan memperluas jangkauan pasar mereka. Penting bagi pemerintah, lembaga keuangan, dan pelaku industri untuk bekerja sama guna menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekspor UMKM yang berkelanjutan.

Info Mesin:

Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *