Konsultasi
news

Peluang Sambal Matah, Simak!!!

Sambal Matah adalah bumbu tradisional Bali yang ditemukan di seluruh provinsi Bali. Sambal berarti sambal dan matah berarti mentah. Sambal Matah adalah sambal yang dibuat mentah tanpa dihaluskan (tanpa diekstraksi). Bahan Sambal Matah adalah : Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai Merah, Terasi, Garam, Serai, Air Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa.

Untuk membuat sambal matah, bahannya dicincang, terasi direndam dalam minyak kelapa dan dihaluskan, setelah terasi dihaluskan bersama minyak, dituang di atas bahan yang sudah dirajang. Sambal matah digunakan sebagai bumbu masakan seperti potongan ayam dan ikan bakar, selain itu juga bisa digunakan sebagai pelengkap makanan. Keistimewaan sambal matah adalah rasanya yang pedas, sangat populer di kalangan masyarakat Bali yang menyukai makanan pedas. Sambal matah biasanya tidak digunakan lebih dari sehari, karena jika bertahan lebih dari sehari, bahannya akan berbau tidak sedap dan sambal ini tidak bisa dipanaskan.

Baca juga : Rahasia Dendeng Dapat Bertahan Lama !!!

Bahan-bahan khas sambal matah dipercaya bermanfaat bagi kesehatan kita. Bawang merah, bahan utama sambal matah, memiliki khasiat kesehatan yang sangat baik jika dimakan mentah, antara lain:

  1. Kandungan sulfur pada bawang merah dapat mencegah kanker, menurunkan kolesterol sehingga mengurangi resiko serangan jantung, meningkatkan produksi insulin dalam tubuh untuk mengontrol diabetes, dll. 
  2. Bawang putih mengandung berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain kalsium, potasium, vitamin C dan beberapa antioksidan. 
  3. Sereh juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol sehat), detoksifikasi, pencegah kanker, pencegah penyakit lambung, dll. 
  4. Jeruk lemo juga menjadi bahan utama sambal mateh yang memberikan cita rasa khas sambal matah. 
  5. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kondisi tubuh, merawat organ pencernaan dan membantu membersihkan tubuh.

Saat ini, sambal matah juga mulai populer di luar Bali. Sambal Matah telah menjadi menu penting di restoran atau tempat yang menyajikan makanan tradisional Bali, ikan bakar, ayam bakar, dll. dari kategori restoran lokal hingga internasional. Nah, semakin banyak peminat sambal matah, maka sambal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha lohhh. Sambal matah instan dapat dipasarkan ke berbagai penjuru nusantara dan dunia. Untuk itu, sambal matah ini perlu diawetkan menggunakan mesin retort sterilizer. Mesin ini dapat meningkatkan kualitas sambel matah instan dan membuat sambel matah tahan lama hingga 12 bulan. Apabila Anda tertarik untuk membeli mesin retort sterilizer, dapat menghubungi INAGI atau jualmesin.

Lihat mesin 

One thought on “Peluang Sambal Matah, Simak!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *