Konsultasi
news

Ayam Balado Kemangi Tahan Setahun Dalam Kemasan

Bicara mengenai sajian ayam pedas, belum lengkap kalau tidak menyebutkan ayam balado khas minang. Ayam balado dibuat dari ayam yang diungkep bumbu sederhana, kemudian digoreng dan ditumis bersama bumbu balado pedas hingga meresap. Ciri khas dari olahan ayam ini adalah cabai pada bumbu balado hanya diulek kasar saja. Jadi, masih bisa terasa teksturnya. Selain itu, bumbu ayam balado juga bisa diolah dari cabai hijau untuk citarasa dan aroma yang berbeda. Penasaran yuk simak bahan dan cara membuat ayam balado khas Minang seperti yang dikutip dari Resep Koki.

Bahan bahan yang perlu disiapkan  5 siung bawang putih ,1 sdt ketumbar ,1/2 sdt Garam , – 1/2 ekor ayam dipotong menjadi 6 bagian ,20 biji cabai merah keriting ,6 siung bawang merah ,1 buah tomat merah ,2 lembar daun salam ,1 batang serai ,1 cm jahe, geprek ,1/2 sdt garam ,5 sdm minyak ,Minyak untuk menggoreng secukupnya
langkah selanjutnya

1. Ayam dimasak ungkep terlebih dahulu dulu dengan bumbu halus yang ditambah sedikit air.

2. Tambahkan daun salam, serai, jahe, lengkuas. Aduk rata.

3. Masak selama kira-kira 15 menit. Angkat dan sisihkan hingga dingin.

4. Panaskan banyak minyak untuk menggoreng. Goreng ayam hingga berubah warna menjadi  coklat keemasan. Tiriskan dan sisihkan.

5. Giling kasar cabe, bawang merah, dan tomat.

6. Panaskan minyak. Tumis sambal balado. Aduk-aduk hingga wangi dan matang.

7. Masukkan ayam ke dalam tumisan sambal. Aduk hingga bumbunya merata.

8. Tambahkan garam. Sesuaikan rasanya.

9. Angkat dan siap disajikan.

baca juga Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

resep diatas sangat cocok untuk memulai ide usaha Anda, agar Ayam balado kemangi bisa bertahan lama di suhu ruang Anda tak perlu khawatir lagi harus menggunakan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan bahkan mesin pendingin sekalipun, mesin retort berfungsi untuk memanaskan makanan dengan suhu tinggi selama 30 menit. Tujuan pemanasan adalah untuk membunuh jamur dan bakteri yang terdapat pada ayam balado kemangi. Dengan mini retort sterilizer ini, ayam balado kemangi dapat bertahan 6 bulan hingga 12 bulan disuhu ruang.  Untuk pemesanan mesin mini retort sterilizer dapat melalui INAGI atau jualmesin.

lihat mesin

One thought on “Ayam Balado Kemangi Tahan Setahun Dalam Kemasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *