Konsultasi
news

Industri Makanan Kemasan Siap Saji Dengan Mesin Retort

Industri makanan siap saji adalah industri yang memproduksi dan menjual makanan dalam bentuk kemasan seperti kaleng, pouch, maupun gelas jar yang siap disajikan dalam waktu yang relatif singkat, sehingga menjadi pilihan yang praktis bagi masyarakat.

Adapun industri makanan dalam kemasan siap saji mencakup berbagai jenis makanan seperti rendang, olahan seafood, olahan ayam, gudeg, sambal dan lain sebagainya. Produk makanan siap saji ini dapat dijual melalui berbagai saluran distribusi seperti minimarket, supermarket, restoran cepat saji, gerai khusus makanan siap saji, atau melalui penjualan online.

Industri makanan siap saji memiliki prospek yang cerah karena permintaan masyarakat terhadap makanan praktis terus meningkat. Namun, ada beberapa tantangan dan peluang yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini, antara lain:

Tantangan :

  • Persaingan yang tinggi : Industri makanan siap saji sangat kompetitif, sehingga perusahaan harus terus mengembangkan produk baru dan meningkatkan kualitas produk agar tetap bersaing di pasar.
  • Regulasi ketat : Industri makanan diatur dengan ketat oleh pemerintah dalam hal keamanan pangan dan kualitas produk. Perusahaan harus memastikan bahwa produk mereka memenuhi standar dan persyaratan pemerintah.
  • Masalah kesehatan : Produk makanan siap saji sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti obesitas dan penyakit jantung. Perusahaan harus mempertimbangkan untuk mengembangkan produk yang lebih sehat dan mempromosikan gaya hidup sehat.

Peluang :

  • Permintaan pasar yang tinggi : Kebutuhan akan makanan siap saji terus meningkat, terutama dengan gaya hidup yang semakin sibuk dan kurangnya waktu untuk memasak. Hal ini memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.
  • Inovasi produk : Peluang untuk mengembangkan produk baru dan inovatif yang memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah. Misalnya, produk vegetarian atau organik yang semakin diminati oleh konsumen.
  • Kemajuan teknologi : Teknologi telah memungkinkan pengembangan proses produksi yang lebih efisien dan mengurangi biaya produksi. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan produk dengan harga yang lebih terjangkau dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Baca juga :

Solusi Untuk Bisnis Makanan dalam Kemasan :

Salah satu teknologi yang mendukung peluang bisnis makanan dalam kemasan siap saji adalah Teknologi Retort. INAGI berinovasi menciptakan teknologi sterilisasi komersial Retort atau dikenal dengan mesin autoclave yang dapat mendukung dan mengembangkan bisnis anda. Keuntungan yang didapatkan dari pemanfaatan Teknologi Retort antara lain :

  • Memperpanjang umur simpan produk

Proses sterilisasi menggunakan mesin retort melibatkan pemanasan makanan hingga suhu sterilisasi termal mesin retort adalah 121°C. Adanya sistem pemanasan tersebut dapat membuat produk bisa awet hingga satu tahun dalam suhu ruang tanpa mengurangi kualitas dan rasa.

  • Meningkatkan keamanan produk

Proses Sterilisasi dengan Mesin Retort memanfaatkan teknologi pengawetan dengan mengadopsi pedoman Sterilisasi Komersial, yaitu kondisi yang dapat dicapai melalui perlakuan inaktivasi spora mikroba dengan panas dan/atau perlakuan lain yang cukup untuk menjadikan pangan tersebut bebas dari mikroba yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dalam suhu ruang (nonrefrigerated) selama distribusi dan penyimpanan. Sehingga keamanan produk dalam kemasan tetap terjaga.

  • Menjaga kualitas produk

Proses sterilisasi dengan mesin retort juga dapat menjaga kualitas produk makanan dalam kemasan siap saji. Dengan membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya yang dapat merusak kualitas produk, mesin retort dapat membantu mempertahankan rasa, tekstur, dan penampilan produk.

  • Meningkatkan efisiensi produksi

Mesin retort dapat membantu produsen makanan kemasan siap saji untuk meningkatkan efisiensi produksi mereka. Dalam proses produksi makanan dalam kemasan siap saji, mesin retort dapat memproses makanan dengan lebih cepat dan efisien daripada proses tradisional. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya produksi.

  • Meningkatkan daya saing

Dalam industri makanan yang sangat kompetitif, penggunaan teknologi modern seperti mesin retort dapat menjadi keunggulan signifikan bagi bisnis makanan dalam kemasan siap saji.

Dengan menggunakan mesin retort, produsen dapat memperbaiki kualitas dan umur simpan produk mereka, meningkatkan efisiensi produksi, dan mengurangi biaya produksi, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis mereka. Jadi tunggu apa lagi, Inovasikan bisnis anda dengan Mesin Retort.

Jual Mesin :

Sumber Gambar : https://resepkoki.id/7-sajian-khas-indonesia-dalam-kemasan-instan/

One thought on “Industri Makanan Kemasan Siap Saji Dengan Mesin Retort

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *