Konsultasi
news

Mesin Mini Retort : Solusi Praktis Pengawetan Makanan Kemasan

Pengawetan makanan adalah metode penting dalam bisnis makanan kemasan. Salah satu inovasi terbaru dalam teknologi pengawetan makanan adalah penggunaan Mini Retort INAGI. Mesin ini telah membantu mempermudah proses pengawetan makanan, memastikan bahwa hidangan tetap awet dan aman untuk dikonsumsi tanpa mengurangi rasa dan nilai nutrisi. Artikel ini akan menjelaskan tentang Mini Retort dan bagaimana anda dapat menggunakan mesin ini untuk membuat hidangan awet.

1. Apa itu Mini Retort?

Mini Retort adalah perangkat pengawetan makanan yang lebih kecil dan portabel dibandingkan dengan retort industri biasa. Mesin ini menggunakan tekanan tinggi dan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme dan enzim yang menyebabkan kerusakan makanan. Mini Retort menjadi solusi praktis bagi pemilik usaha kecil, rumah tangga, atau peternakan yang ingin memperpanjang umur simpan makanan mereka tanpa perlu investasi besar dalam peralatan industri.

2. Cara Kerja Mini Retort:

Mini Retort menggunakan proses pengawetan makanan dengan metode sterilisasi. Kemasan yang sering digunakan pada metode ini adalah kemasan retort pouch. Selain menggunakan retort pouch, kemasan yang dapat digunakan adalah kemasan kaleng atau gelas jar. Langkah berikutnya, makanan dimasak terlebih dahulu dan kemudian ditempatkan dalam kemasan sesuai kebutuhan makanan. Setelah itu, pouch makanan ditempatkan dalam Mini Retort, dan mesin akan mengisi ruangnya dengan air untuk menciptakan lingkungan vakum. Proses selanjutnya adalah pemanasan air dalam mesin hingga suhu dan tekanan yang tepat sesuai dengan jenis makanan yang diawetkan. Ini akan membunuh bakteri, kuman, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan pembusukan.

3. Langkah-Langkah Membuat Hidangan Awet dengan Mini Retort:

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah tentang cara menggunakan Mini Retort untuk membuat hidangan awet:

Baca juga :

  1. Persiapkan bahan makanan yang ingin diawetkan dengan mencuci dan memotong sesuai kebutuhan.
  2. Masak makanan hingga setengah matang untuk mempertahankan rasa dan tekstur yang optimal.
  3. Isi makanan setengah matang ke dalam kantong plastik atau pouch yang sesuai dengan ukuran makanan.
  4. Rapatkan kantong plastik, pastikan tidak ada udara yang tersisa di dalamnya.
  5. Letakkan pouch makanan dalam Mini Retort, dan tambahkan air untuk menciptakan lingkungan vakum.
  6. Atur suhu dan tekanan pada Mini Retort sesuai dengan petunjuk penggunaan untuk jenis makanan tertentu.
  7. Biarkan mesin Mini Retort berjalan sesuai dengan durasi yang ditentukan.
  8. Setelah proses selesai, keluarkan makanan yang telah diproses untuk pendinginginan. Proses ini bertujuan untuk mencegah bakteri tumbuh kembali.
  9. Langkah terakhir, hidangan awet olahan retort siap disajikan atau dijual dipasaran.

4. Manfaat Penggunaan Mini Retort:

  1. Memperpanjang umur simpan makanan: Proses pengawetan dengan Mini Retort dapat memperpanjang umur simpan makanan hingga 1 tahun.
  2. Menjaga kualitas dan rasa makanan: Dengan menggunakan suhu dan tekanan yang tepat, Mini Retort memastikan makanan tetap segar dengan tekstur dan rasa yang hampir sama seperti makanan segar.
  3. Mengurangi pemborosan makanan: Dengan memperpanjang umur simpan makanan, Mini Retort membantu mengurangi pemborosan makanan, sehingga ekonomis dan ramah lingkungan.
  4. Meningkatkan keselamatan pangan: Proses pemanasan pada suhu tinggi membunuh mikroorganisme berbahaya, sehingga meningkatkan keselamatan pangan dan mengurangi risiko keracunan makanan.

Mini Retort INAGI adalah solusi cepat dan praktis untuk pengawetan makanan yang memungkinkan anda untuk membuat hidangan awet dengan mudah di rumah atau usaha kecil. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, makanan yang diolah dengan Mini Retort INAGI akan tetap segar, lezat, dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Selalu penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan menjaga kebersihan mesin untuk hasil pengawetan yang optimal.

Dengan menggunakan Mini Retort INAGI, pengguna dapat menikmati makanan favorit mereka kapan pun mereka inginkan tanpa khawatir tentang keamanan dan kualitas makanan. Ini adalah cara yang efisien untuk membuat makanan lebih tahan lama tanpa harus bergantung pada pengawetan kimia atau metode pengawetan tradisional yang lebih rumit. Dengan begitu, Mini Retort INAGI dapat menjadi solusi yang berguna bagi mereka yang ingin memproduksi hidangan awet sendiri dengan cara yang mudah dan aman.

Jual Mesin :

Telp : (0341) 302 5618
Phone/ WA : +62 815-5549-9975
Email: inagiofficial@gmail.com

One thought on “Mesin Mini Retort : Solusi Praktis Pengawetan Makanan Kemasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *