Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news

Olahan Opor Ayam Instan Awet pada Retort Shaking

INAGIOpor ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang selalu menggugah selera, makanan ini juga sering diolah saat merayakan Hari Lebaran Idhul Fitri. Pada keseharian modern saat ini, kesibukan sering kali membuat banyak orang sulit untuk mengolah hidangan tradisional seperti opor ayam secara manual. Untungnya, dengan adanya teknologi modern seperti Mesin Retort Shaking INAGI, Pelaku usaha skala UMKM dapat membuat opor ayam kemasan instan untuk dipasarkan dan dikonsumsi dengan mudah dan praktis. Berikut adalah resep serta panduan cara membuat opor ayam kemasan instan yang lezat dengan menggunakan teknologi mesin sterilisasi makanan tersebut.

Baca Juga:

Bahan-bahan yang Diperlukan

Daging ayam (500 gram), potong sesuai selera
Santan kelapa (200 ml)
Minyak kelapa (2 sendok makan)
Serai (2 batang), memarkan
Daun salam (3 lembar)
Lengkuas (2 cm), memarkan
Jahe (2 cm), memarkan
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
Air matang (500 ml)

– Bumbu halus:
Bawang putih (4 siung)
Bawang merah (6 butir)
Kemiri (4 butir), sangrai
Ketumbar (1 sendok teh), sangrai
Kunyit (2 cm)
Lada (secukupnya)
Gula (secukupnya)
Garam (secukupnya)

Langkah Pembuatan:

1. Siapkan Bumbu Halus: Haluskan semua bahan bumbu halus dengan menggunakan blender atau ulekan sampai halus dan tercampur dengan rata.

2. Tumis Bumbu: Panaskan minyak kelapa dalam panci, tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun salam, lengkuas, dan jahe hingga harum dan matang.

3. Tambahkan Daging Ayam: Masukkan potongan daging ayam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata sampai daging ayam berubah warna dan matang.

4. Tuangkan Santan: Setelah daging ayam matang, tuangkan santan kelapa ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan mendidih dengan api kecil.

5. Masukkan Air: Tambahkan air matang ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan mendidih kembali.

6. Tambahkan Bumbu: Setelah mendidih, tambahkan garam dan gula merah secukupnya sesuai dengan selera. Aduk kembali agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

7. Proses Sterilisasi dengan Mesin Retort Shaking INAGI: Setelah bumbu meresap, angkat panci dari kompor.

8. Siapkan mesin sterilisasi makanan Retort Shaking INAGI dan masukkan campuran opor ayam ke dalam kemasan instan tahan panas berkualitas yang telah disiapkan.

9. Sterilisasi: Tempatkan kemasan instan opor ayam ke dalam Mesin Retort Shaking INAGI sesuai dengan petunjuk penggunaan. Kemudian lakukan proses sterilisasi sesuai dengan waktu dan suhu yang ditentukan.

10. Penyimpanan: Setelah proses sterilisasi selesai, biarkan kemasan instan opor ayam mendingin pada suhu ruang sebelum disimpan di tempat yang bersih seperti kulkas.

11. Penyajian: Opor ayam kemasan instan siap disajikan. Buka kemasan, panaskan kembali jika diinginkan, dan sajikan bersama dengan nasi hangat atau makanan pendamping lainnya.

Dengan menggunakan teknologi mesin sterilisasi makanan Retort Shaking INAGI, UMKM dapat membuat opor ayam kemasan instan yang praktis, higienis, dan tetap lezat untuk dinikmati kapan pun saat konsumen inginkan.

Info Mesin:

Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *