Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news

Pengalengan Ikan Sarden dengan Mesin Retort Shaking

Pengalengan ikan sarden menjadi produk makanan kaleng yang populer untuk mempertahankan kesegaran ikan dan memperpanjang umur simpannya. Salah satu metode yang digunakan dalam proses ini adalah mesin retort shaking. Artikel ini akan menjelaskan proses pengalengan ikan sarden menggunakan mesin retort shaking serta manfaatnya dalam meningkatkan kualitas dan keamanan produk makanan.

Pengertian Mesin Retort Shaking

Mesin retort shaking adalah perangkat khusus yang digunakan dalam industri pengalengan untuk melakukan sterilisasi makanan dalam kemasan tertutup, seperti kaleng. Mesin ini menggunakan kombinasi tekanan, panas, dan getaran lembut untuk memastikan bahwa produk makanan dalam kemasan steril dari bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan kerusakan atau keracunan makanan.

Baca Juga:

Langkah-langkah Proses Pengalengan dengan Mesin Retort Shaking

1. Persiapan Bahan Baku: Langkah pertama dalam proses pengalengan adalah mempersiapkan ikan sarden yang akan dikalengkan. Ini termasuk pembersihan ikan, menghilangkan sisik, dan pemotongan bagian yang tidak diinginkan.

2. Pengisian dalam Wadah: Ikan sarden yang telah dipersiapkan kemudian ditempatkan dalam kemasan pengalengan seperti kaleng logam.

3. Penambahan Bumbu: Campuran bahan tambahan seperti minyak, air, garam, dan bumbu lainnya ditambahkan ke dalam kaleng untuk meningkatkan rasa dan kualitas produk makanan kaleng akhir.

4. Penutupan dan Penyegelan: Kaleng yang sudah diisi kemudian ditutup dan disegel dengan rapat untuk mencegah kontaminasi dari luar.

5. Proses Sterilisasi dengan Mesin Retort Shaking: Kaleng-kaleng yang sudah diisi kemudian dimasukkan ke dalam mesin retort shaking. Mesin ini akan meningkatkan suhu dan tekanan secara bertahap untuk memastikan bahwa makanan kaleng dapat steril dari mikroorganisme berbahaya.

6. Pendinginan dan Pengemasan: Setelah proses sterilisasi makanan selesai, kaleng-kaleng didinginkan dan kemudian siap untuk dikemas dan didistribusikan ke pasar.

Manfaat Penggunaan Mesin Retort Shaking

– Sterilisasi yang Efektif: Mesin retort shaking memastikan bahwa produk ikan sarden dan cairan dalam kaleng dapat steril dari bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya, serta memperpanjang umur simpan produk.

– Pertahankan Kualitas Produk: Proses sterilisasi makanan yang tepat dengan mesin retort shaking memungkinkan ikan sarden untuk mempertahankan rasa, tekstur, dan nutrisinya yang optimal.

– Keamanan Konsumen: Dengan menghilangkan mikroorganisme berbahaya, penggunaan mesin retort shaking dapat meningkatkan keamanan produk dan mengurangi risiko keracunan makanan.

– Efisiensi Produksi: Penggunaan mesin retort shaking memudahkan pengalengan ikan sarden dalam jumlah besar dengan waktu yang relatif singkat, dan dapat meningkatkan efisiensi produksi UMKM secara keseluruhan.

Dengan demikian, penggunaan mesin retort shaking dalam proses pengalengan ikan sarden menjadi langkah yang penting bagi UMKM untuk memastikan produk akhir yang berkualitas, aman, dan tahan lama. Hal tersebut juga membantu memenuhi permintaan akan produk makanan kaleng ikan sarden berkualitas hingga mencapai di pasar global.

Info mesin:

Di sini juga tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

10 thoughts on “Pengalengan Ikan Sarden dengan Mesin Retort Shaking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *