Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news

Pengalengan Kacang-Kacangan dengan Retort Shaking

Pengalengan makanan menjadi banyak diproduksi oleh industri pangan, seperti halnya pengalengan kacang-kacangan sebagai salah satu metode yang efektif untuk memperpanjang umur simpan produk makanan dan menjaga kualitasnya. Mesin Retort Shaking adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses pengalengan ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci tentang cara pengalengan kacang-kacangan menggunakan mesin retort shaking untuk UMKM.

Berikit ini tahapan dalam proses pengalengan kacang-kacangan:

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses pengalengan, pastikan semua bahan dan peralatan yang diperlukan tersedia. produsen UMKM membutuhkan kacang-kacangan yang telah dicuci bersih dan diolah sesuai kebutuhan, serta bahan tambahan seperti garam, gula, atau bumbu lainnya sesuai resep.

Baca Juga:

2. Pemrosesan Awal

Langkah pertama adalah memasak kacang-kacangan dalam air mendidih untuk memastikan bahwa bahan matang secara menyeluruh. Setelah matang, kacang-kacangan ini akan dimasukkan ke dalam wadah pengalengan bersama dengan cairan pengawet dan bahan tambahan lainnya.

3. Pengisian Wadah Kaleng

Kacang-kacangan yang telah dimasak akan dimasukkan ke dalam wadah makanan kaleng dengan ukuran yang sesuai. Kemudian dipastikan untuk mengosongkan sedikit ruang di bagian atas wadah untuk mencegah kebocoran selama proses pengalengan.

4. Penutupan dan Penyegelan

Setelah wadah makanan kaleng terisi penuh dengan kacang-kacangan, tutup wadah secara rapat dengan penutup yang sesuai. Pastikan penutup tersebut terpasang dengan baik untuk mencegah masuknya udara atau bakteri ke dalam wadah.

5. Tahap Pengalengan Mesin Retort Shaking

Mesin Retort Shaking adalah mesin yang digunakan untuk melakukan proses pengalengan secara efisien bagi UMKM. Proses ini melalui proses pemanasan wadah makanan kaleng dalam air panas dengan tekanan yang dikendalikan secara teliti. Selama proses ini, wadah akan digoyangkan secara berkala untuk memastikan penyebaran panas yang merata di dalamnya.

6. Pendinginan dan Penyimpanan

Setelah proses pengalengan selesai, wadah akan dikeluarkan dari mesin retort shaking dan didinginkan secara bertahap. Setelah mencapai suhu ruangan, wadah makanan kaleng siap disimpan dalam kondisi yang sesuai untuk menjaga kualitas produk makanan.

7. Pengujian Kualitas

Sebelum produk makanan dikirim ke pusat distribusi atau pasaran, penting untuk melakukan pengujian kualitas untuk memastikan bahwa produk kacang-kacangan telah diolah dengan benar dan aman untuk dikonsumsi. Pengujian ini meliputi pemeriksaan visual, pengukuran suhu, dan tes keamanan pangan lainnya.

8. Penyimpanan dan Distribusi

Setelah lolos dari pengujian kualitas, produk makanan kaleng siap untuk disimpan dalam kondisi yang tepat dan didistribusikan ke berbagai tempat penjualan. Pastikan untuk menyimpan produk di tempat yang kering dan terlindungi dari sinar matahari langsung untuk menjaga kualitas dan daya tahan produk.

Dengan menggunakan inovasi dari teknologi ini, UMKM dapat memenuhi permintaan konsumen untuk produk makanan kaleng yang berkualitas dan aman, serta tetap dapat memproduksi secara efisien dan menguntungkan.

Info Mesin:

Di sini juga tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

5 thoughts on “Pengalengan Kacang-Kacangan dengan Retort Shaking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *