Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news

Pengawetan Daging Balado Kaleng dengan Retort Shaking

Tips Pengawetan Daging Balado Kaleng dengan Mesin Retort Shaking Berkualitas untuk UMKM

INAGI – Dalam industri makanan, terutama pada skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pengawetan makanan dapat menjadi solusi untuk memperpanjang umur simpan produk. Salah satu produk makanan yang banyak digemari adalah daging balado kaleng. Namun, untuk mempertahankan kualitasnya, penggunaan mesin retort shaking berkualitas dapat menjadi solusi yang efektif. Artikel ini akan membahas bagaimana UMKM dapat mengoptimalkan proses pengawetan daging balado kaleng menggunakan mesin retort shaking berkualitas.

Pengawetan Produk UMKM Kuliner

UMKM seringkali menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas produk makanan dengan masa simpan yang panjang. Pengawetan menjadi hal penting untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan metode pengawetan makanan yang tepat, seperti penggunaan mesin retort shaking berkualitas, UMKM dapat memastikan produk tetap segar dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Baca Juga:

Penggunaan Mesin Retort Shaking dalam Pengawetan

Mesin retort shaking adalah peralatan dalam industri pengawetan makanan. Mesin ini bekerja dengan memasukkan produk makanan dalam kemasan ke dalam wadah yang tahan panas, kemudian dipanaskan pada suhu dan tekanan tertentu untuk membunuh mikroorganisme berbahaya. Proses shaking memastikan distribusi panas yang merata di seluruh produk, sehingga terjadi pengawetan alami yang efektif.

Keunggulan Mesin Retort Shaking Berkualitas

a. Kualitas Pengawetan: Mesin retort shaking berkualitas dapat mengontrol suhu dan tekanan yang tepat selama proses pengawetan, sehingga produk makanan terbebas dari kontaminasi mikroba.

b. Energi yang Efesien: Mesin retort shaking berkualitas juga dapat lebih efisien dalam penggunaan energi, yang dapat mengurangi biaya operasional bagi UMKM.

c. Menjaga Kualitas Produk: Proses shaking membantu dalam menjaga kualitas produk makanan dengan mengurangi risiko overcooking atau perubahan tekstur yang tidak diinginkan.

d. Penyesuaian yang Mudah: Mesin retort shaking berkualitas dilengkapi dengan fitur penyesuaian yang memudahkan UMKM untuk menyesuaikan proses pengawetan makanan sesuai dengan kebutuhan produk.

Tahapan Pengawetan Daging Balado Kaleng pada Retort Shaking

1. Persiapan Produk: Persiapkan daging balado sesuai resep yang telah ditentukan. Pastikan kemasan kaleng steril dan siap untuk diisi.

2. Pengisian dan Penutupan: Isi kaleng dengan daging balado sesuai porsi yang ditentukan. Kemudian tutup kaleng secara rapat.

3. Proses Retort Shaking: Tempatkan kaleng dalam mesin retort shaking. Atur suhu dan tekanan sesuai petunjuk. Pastikan proses shaking terproses secaramerata.

4. Pemrosesan: Proses daging balado dalam mesin retort shaking pada waktu yang ditentukan untuk memastikan pengawetan yang efektif.

5. Pemindahan dan Penyimpanan: Setelah proses selesai, keluarkan kaleng dari mesin retort shaking dengan hati-hati. Dinginkan dan simpan dalam suhu yang sesuai untuk menjaga kualitas produk.

Kesimpulan

Pengawetan daging balado kaleng dengan menggunakan mesin retort shaking berkualitas dapat menjadi langkah penting bagi UMKM dalam mempertahankan kualitas produk makanan. Dengan memahami proses dan keunggulan penggunaan mesin retort shaking, UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar dengan produk yang lebih segar dan aman dikonsumsi oleh konsumen.

Info Mesin:

Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

4 thoughts on “Pengawetan Daging Balado Kaleng dengan Retort Shaking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *