Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news

Proses Pembuatan Susu Bubuk Coklat dengan Spray Dryer

Proses pembuatan susu bubuk coklat melalui beberapa tahapan yang dapat menghasilkan produk akhir yang berkualitas. Salah satu metode yang digunakan dalam industri makanan untuk menghasilkan susu bubuk coklat adalah dengan menggunakan mesin spray dryer. Mesin spray dryer INAGI adalah salah satu pilihan terbaik untuk proses ini karena teknologinya dalam menghasilkan partikel halus dengan kandungan nutrisi yang terjaga. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai proses pembuatan susu bubuk coklat dengan mesin spray dryer INAGI.

1. Persiapan Bahan

    Langkah pertama dalam pembuatan susu bubuk coklat adalah persiapan bahan baku. Bahan utama yang digunakan meliputi susu cair, gula, kakao, dan bahan tambahan lainnya seperti emulsifier dan stabilizer. Semua bahan ini harus dipastikan memiliki kualitas yang baik untuk mendapatkan produk akhir yang baik.

    Baca Juga:

    2. Pencampuran dan Homogenisasi

      Setelah bahan-bahan telah siap, langkah selanjutnya adalah pencampuran. Susu cair, gula, dan kakao dicampur dalam tangki pencampur sampai adonan merata. Proses homogenisasi dilakukan untuk memastikan campuran menjadi emulsi yang stabil dan seragam. Homogenisasi penting untuk mencegah pemisahan fase cair dan padat selama proses pengeringan.

      3. Pasteurisasi

        Setelah pencampuran dan homogenisasi, campuran susu dipasteurisasi untuk membunuh bakteri penyakit dan mikroorganisme yang tidak diinginkan. Proses ini biasanya dilakukan pada suhu tinggi dalam waktu yang relatif tidak lama. Pasteurisasi tidak hanya memastikan keamanan produk, tetapi juga dapat menjaga umur simpan susu bubuk.

        4. Pengeringan dengan Spray Dryer INAGI

          Langkah utama dalam pembuatan susu bubuk coklat adalah pengeringan menggunakan mesin spray dryer INAGI. Campuran susu dipompa ke dalam mesin spray dryer dan disemprotkan dalam bentuk kabut halus ke tangki pengering yang panas. Udara panas yang dihasilkan oleh mesin ini dengan cepat menguapkan air dari cairan susu, sehingga terbentuk partikel-partikel halus susu bubuk. Keunggulan mesin spray dryer INAGI adalah kemampuannya menghasilkan partikel dengan ukuran yang konsisten dan menjaga kandungan nutrisi dalam susu.

          5. Pendinginan dan Pengemasan

            Setelah proses pengeringan selesai, susu bubuk coklat yang dihasilkan harus segera didinginkan untuk mencegah degradasi kualitas. Partikel susu bubuk yang telah dingin kemudian dikumpulkan dan disaring untuk memastikan tidak ada partikel besar atau aglomerat. Proses terakhir adalah pengemasan susu bubuk ke dalam wadah yang kedap udara untuk menjaga daya tahan dan kualitas produk selama penyimpanan dan distribusi.

            Kesimpulan

            Mesin spray dryer INAGI dalam pembuatan susu bubuk coklat memberikan banyak keuntungan, seperti proses yang efesian, kualitas bubuk yang konsisten, dan kandungan nutrisi yang terjaga. Proses ini dimulai dari persiapan bahan, pencampuran, pasteurisasi, pengeringan, hingga pendinginan dan pengemasan. Dengan mengikuti tahapan-tahapan secara tepat, produsen dapat menghasilkan susu bubuk coklat berkualitas yang digemari konsumen.

            Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

            email : inagiofficial@gmail.com

            CP      : 0815-5549-9975

            IG       : @inagiofficial

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *