Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news

Retort Shaking Tingkatkan Produksi UMKM

Mesin Retort Shaking Meningkatkan Produksi Makanan Kemasan UMKM

INAGI – Industri makanan kaleng menjadi salah satu sektor yang terus berkembang, terutama di ranah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam industri ini adalah meningkatkan kapasitas produksi tanpa hilangnya kualitas dan keamanan produk. Dalam hal ini, penggunaan mesin retort shaking dapat menjadi solusi yang menjanjikan. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana mesin retort shaking dapat membantu meningkatkan kapasitas produksi makanan kaleng UMKM.

Mesin Retort Shaking

Sebelum membahas lebih jauh, penting untuk memahami apa itu mesin retort shaking. Mesin retort shaking adalah perangkat teknologi pangan yang digunakan untuk proses termal atau pemanasan makanan kaleng dengan menggunakan tekanan tinggi dan suhu yang tepat. Fitur utama dari mesin ini adalah kemampuannya untuk mendistribusikan panas secara merata melalui getaran yang dihasilkannya, sehingga semua bagian produk makanan menerima perlakuan panas yang sama.

Manfaat Mesin Retort Shaking bagi UMKM

a. Peningkatan Kapasitas Produksi: Salah satu manfaat utama dari menggunakan mesin retort shaking adalah untuk meningkatkan kapasitas produksi. Dengan proses yang lebih efisien dan cepat, UMKM dapat memproduksi lebih banyak makanan kaleng dalam waktu yang lebih singkat, serta meningkatkan hasil produk tanpa perlu menambah banyak tenaga kerja.

b. Penghematan Energi: Mesin retort shaking dirancang untuk menggunakan energi secara efisien. Proses getaran dengan proses termal dengan adanya panas untuk didistribusikan dengan cepat dan merata, mengurangi waktu dan energi yang dibutuhkan untuk pemasakan. Hal ini mengurangi biaya produksi bagi UMKM dan membuat operasi mereka lebih berkelanjutan.

c. Peningkatan Kualitas Produk: Proses pemanasan yang merata dan konsisten dari mesin retort shaking membantu menjaga kualitas produk makanan. Hal ini penting dalam industri makanan kaleng di mana kualitas dan keamanan produk sangat diutamakan. Dengan menggunakan mesin ini, UMKM dapat memastikan bahwa produk mereka memiliki tekstur, rasa, dan keamanan yang konsisten.

d. Keamanan Pangan: Mesin retort shaking dilengkapi dengan kontrol suhu dan tekanan yang ketat, memastikan bahwa makanan diproses dengan aman dan sesuai dengan standar keamanan pangan. Ini membantu UMKM untuk memenuhi persyaratan regulasi yang ketat dan membangun kepercayaan konsumen.

e. Diversifikasi Produk: Dengan kapasitas produksi yang lebih besar dan kemampuan untuk mempertahankan kualitas produk, UMKM dapat lebih mudah untuk mendiversifikasi produk makanan. Pelaku bisnis dapat mencoba varian baru atau memperluas jangkauan produk, sehingga dapat meningkatkan daya tarik di pasar dan membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis lebih lanjut.

Kesimpulan

Mesin retort shaking adalah inovasi penting dalam industri makanan kaleng yang membantu UMKM meningkatkan kapasitas produksi sembari tetap menjaga kualitas dan keamanan produk. Dengan teknologi ini, UMKM memiliki kesempatan untuk bersaing secara lebih efektif di pasar yang kompetitif sambil memenuhi permintaan konsumen akan produk makanan yang berkualitas dan aman.

Di sini juga tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

6 thoughts on “Retort Shaking Tingkatkan Produksi UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *