Konsultasi
mesin mini retort steriliser, Mesin Pengolahan Pangan, news, Teknologi

Susu Mangga dengan Mesin Pasteurisasi Susu UMKM

INAGI – Pengolahan susu mangga adalah inovasi yang menarik dan memiliki peluang penjualan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Dengan memanfaatkan mesin pasteurisasi susu, UMKM dapat menghasilkan produk susu mangga yang aman, bergizi, dan berkualitas. Artikel ini akan membahas pentingnya pengolahan susu mangga dan adanya manfaat penggunaan mesin pasteurisasi serta langkah-langkah pada proses pengolahannya.

Pengolahan Susu Mangga

Susu mangga adalah produk minuman yang memadukan kesehatan daru susu dan rasa buah alami dari mangga. Produk ini tidak hanya menyajikan cita rasa yang unik, tetapi juga memiliki nutrisi sehat seperti vitamin A, C, kalsium, dan protein. Pengolahan susu mangga yang tepat dapat meningkatkan nilai tambah produk serta memperluas pasar bagi UMKM.

Baca Juga:

Manfaat Mesin Pasteurisasi Susu

Mesin pasteurisasi susu dapat memudahkan proses produksi susu mangga. Proses pasteurisasi bertujuan untuk menonaktifkan mikroorganisme pada pangan tanpa merusak kandungan gizi dalam produk susu. Berikut adalah beberapa manfaat dari mesin pasteurisasi susu:

a. Keamanan Pangan: Pasteurisasi dapat hasilkan produk susu mangga bebas dari bakteri patogen seperti Salmonella dan E. coli, sehingga aman untuk dikonsumsi.

b. Kualitas Produk: Proses ini membantu menjaga rasa, aroma, dan nutrisi susu mangga, sehingga produk tetap segar lebih lama.

c. Efisiensi Olahani: Mesin pasteurisasi modern dapat mengolah susu dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien, cocok untuk membantu produksi skala UMKM.

d. Peningkatan Penjualan: Produk yang diproses dengan baik dapat bersaing di pasar yang lebih luas, termasuk sampai pada penjualan ekspor.

Langkah-langkah Pengolahan Susu Mangga

Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam pengolahan susu mangga dengan menggunakan mesin pasteurisasi susu:

1. Persiapan Bahan: Siapkan susu segar dan buah mangga matang dengan kualitas baik. Cuci mangga hingga bersih, lalu kupas dan potong buahnya.
2. Blender Mangga: Masukkan potongan mangga ke dalam blender, tambahkan sedikit air, lalu blender sampai halus.
3. Campur Susu dan Mangga: Campurkan jus mangga dengan susu segar. Aduk rata hingga tercampur keseluruhan.
4. Pasteurisasi: Tuangkan campuran susu mangga ke dalam mesin pasteurisasi. Atur suhu dan waktu sesuai panduan mesin, pada kisaran sekitar 72°C selama 15 detik.
5. Pendinginan: Setelah proses pasteurisasi selesai, lalu segera mendinginkan susu mangga untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyusul.
6. Pengemasan: Mengemas susu mangga dalam botol atau kemasan yang higienis dan tidak berisikan udara. Pastikan semua peralatan yang digunakan steril.

Kesimpulan

Pengolahan susu mangga dengan mesin pasteurisasi susu memberikan manfaat untuk UMKM. Selain meningkatkan kualitas dan menjaga kemanan produk susu, penggunaan teknologi ini juga membantu meningkatkan kemudahan produksi dan penjualan. Dengan mengikuti langkah-langkah pengolahan yang tepat, UMKM dapat menghasilkan susu mangga berkualitas yang disukai konsumen. Investasi dalam mesin pasteurisasi susu ialah cara strategis untuk mengembangkan usaha dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Info Mesin:

Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

3 thoughts on “Susu Mangga dengan Mesin Pasteurisasi Susu UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *