Konsultasi
mesin milktech pasteurisasi, mesin pasteurisasi kejut listrik, Mesin Pengolahan Pangan, news

Pembuatan Yogurt Mangga dengan Mesin Pasteurisasi

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang laku dipasaran karena kandungan probiotiknya yang baik untuk kesehatan pencernaan. Salah satu varian yang bisa dibuat sendiri di rumah adalah yogurt mangga. Menggunakan mesin pasteurisasi, proses pembuatan yogurt menjadi lebih praktis dan aman. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan yogurt mangga dengan mesin pasteurisasi.

– Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

1 liter susu segar
2 sendok makan starter yogurt (plain yogurt)
200 gram mangga matang (dihaluskan)
100 gram gula pasir (opsional)
Mesin pasteurisasi
Termometer
Wadah kaca

Baca Juga:

– Langkah-langkah Proses Pembuatan:

  1. Pasteurisasi Susu
    Langkah pertama ialah dengan melakukan pasteurisasi susu. Tuangkan susu segar ke dalam mesin pasteurisasi. Panaskan susu hingga pada suhu 85°C selama waktu 30 menit. Proses ini bertujuan untuk membasmi bakteri pangan yang bisa jadi ada dalam susu.
  2. Pendinginan Susu
    Setelah proses pasteurisasi selesai, dinginkan susu hingga mencapai suhu 43-45°C. Gunakan alat cek suhu dengan akurat. Suhu yang tepat penting untuk memastikan adanya bakteri baik dalam starter yogurt dapat berkembang biak dengan optimal.
  3. Penambahan Starter Yogurt
    Setelah susu ada pada suhu yang diinginkan, tambahkan starter yogurt ke dalam susu. Aduk perlahan hingga starter yogurt tercampur merata dengan susu. Starter yogurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang berperan baik dalam proses fermentasi.
  4. Proses Fermentasi
    Tuangkan campuran susu dan starter yogurt pada wadah kaca yang steril dan bersih. Tutup rapat wadah tersebut dan simpan di tempat yang hangat (sekitar 40-45°C) selama 6-8 jam. Anda juga bisa menggunakan yogurt maker untuk menjaga suhu tetap stabil. Setelah proses fermentasi selesai, yogurt akan mengental.
  5. Penambahan Mangga
    Setelah yogurt terbentuk, tambahkan mangga yang sudah dihaluskan ke dalam yogurt. Aduk hingga mangga tercampur rata dengan yogurt. Jika suka manis, produsen bisa menambahkan gula pasir sesuai selera dan takaran yang aman.
  6. Penyimpanan
    Tuang yogurt mangga ke dalam wadah penyimpanan yang steril dan tidak ada udara di dalamnya. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam agar yogurt mangga lebih nikmat saat disajikan dingin.

Manfaat Menggunakan Mesin Pasteurisasi

Menggunakan mesin pasteurisasi dalam proses pembuatan yogurt menyajikan beberapa manfaat penting. Pertama, mesin ini memastikan hasil dari susu terhindar dari bakteri patogen sehingga aman untuk dikonsumsi. Kedua, pasteurisasi juga membantu menjaga kualitas dan rasa dari susu. Ketiga, proses ini menjadikan bakteri baik dalam starter yogurt dapat berkembang biak dengan baik, dan dapat menghasilkan yogurt yang kaya kandungan probiotik sehat.

Kesimpulan

Membuat yogurt mangga di rumah dengan manfaat dari teknologi mesin pasteurisasi tidak hanya mudah, tetapi juga menjadikan produk yang dihasilkan tetap aman dan berkualitas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, konsumen bisa menikmati yogurt mangga yang segar dan menyehatkan dengan produksi dari UMKM kuliner yang maju.

Info Mesin:

Di sini tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

2 thoughts on “Pembuatan Yogurt Mangga dengan Mesin Pasteurisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *