Konsultasi
Mesin Pengolahan Pangan, news

Proses Termal Mesin Pasteurisasi pada UMKM Susu Segar

Produk susu segar dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin berkembang pesat, diiringi dengan peningkatan kebutuhan konsumen akan produk susu yang aman dan berkualitas. Salah satu inovasi dari INAGI dalam meningkatkan kualitas dan keamanan produk susu adalah penggunaan mesin pasteurisasi. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang proses termal mesin pasteurisasi pada UMKM produk susu segar.

Pengertian Mesin Pasteurisasi

Mesin pasteurisasi merupakan alat yang digunakan untuk meningkatkan keamanan produk susu dengan cara memanaskan susu pada suhu tertentu selama periode waktu tertentu, diikuti dengan proses pendinginan. Proses ini bertujuan untuk menghancurkan bakteri patogen dan mengurangi jumlah mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan kerusakan atau penurunan kualitas produk susu.

Baca Juga:

Manfaat Proses Termal Mesin Pasteurisasi

Proses termal mesin pasteurisasi memiliki beberapa manfaat bagi UMKM kuliner produk susu segar:

a. Mengurangi Mikroorganisme Berbahaya: Pemanasan pada suhu yang tepat membunuh bakteri, virus, dan jamur yang masih ada dalam susu, sehingga mengurangi risiko kontaminasi.

b. Memperpanjang Umur Simpan: Proses pasteurisasi membantu memperpanjang umur simpan susu, membantu UMKM kuliner untuk mengirimkan produk ke pasar yang lebih jauh.

c. Menjaga Kualitas: Dengan membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan, proses pasteurisasi membantu menjaga kualitas rasa, tekstur, dan nutrisi susu.

Langkah-langkah Proses Termal

Mesin pasteurisasi bekerja melalui beberapa langkah proses termal yang cermat:

a. Pemanasan: Susu dipanaskan pada suhu tertentu (biasanya sekitar 72-75 derajat Celsius) selama periode waktu tertentu. Hal ini bergantung pada jenis susu dan aturan yang berlaku.

b. Stabilisasi: Setelah pemanasan, susu dipertahankan kondisi stabil pada suhu tersebut untuk memastikan eliminasi mikroorganisme berbahaya.

c. Pendinginan: Susu yang telah diolah kemudian didinginkan secara cepat untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme setelah proses pasteurisasi.

Sesuai Standar Keamanan Pangan

Mesin pasteurisasi susu membantu UMKM produk susu segar mematuhi standar keamanan pangan yang ketat. Proses ini memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk yang mereka konsumsi telah melalui tahapan yang memastikan keamanan mikrobiologis.

Kesimpulan

Penerapan mesin pasteurisasi susu dalam UMKM produk susu segar adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan daya tahan produk. Dengan memahami dan menerapkan proses termal dengan benar, UMKM kuliner dapat memenuhi tuntutan pasar yang semakin sadar akan kualitas dan keamanan produk susu. Inovasi ini tidak hanya mendukung pertumbuhan bisnis, tetapi juga memastikan kepuasan konsumen.

Di sini juga tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, informasi selanjutnya dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

5 thoughts on “Proses Termal Mesin Pasteurisasi pada UMKM Susu Segar

  1. Pingback: - tokomesinmurah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *