Konsultasi
mesin milktech pasteurisasi, Mesin Pengolahan Pangan, news

Proses Termal Pasteurisasi Susu agar Steril

Pasteurisasi susu adalah proses penting dalam industri pengolahan susu untuk menjaga keamanan produk bagi konsumen, serta dapat meningkatkan umur simpan yang berkualitas. Terdapat teknologi pasteurisasi yang umum digunakan yaitu proses termal pasteurisasi menggunakan mesin pasteurisasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang proses termal pasteurisasi susu dan bagaimana mesin pasteurisasi berperan dalam proses sterilisasi yang efektif.

Pentingnya Pasteurisasi Susu

Pasteurisasi susu bertujuan untuk mengurangi jumlah mikroorganisme patogen yang merugikan lainnya tanpa mengurangi nilai gizi dan kualitas organoleptik dari susu. Dengan mempertahankan nutrisi yang penting pada produk pangan dan meminimalkan risiko kontaminasi, pasteurisasi pada pengolahan susu ini membantu menjaga konsumen dari sumber penyakit seperti bakteri maupun virus pada produk pangan.

Baca Juga:

Proses Termal Pasteurisasi

Proses termal pasteurisasi melibatkan pemanasan susu pada suhu tertentu untuk jangka waktu yang ditentukan, diikuti oleh pendinginan cepat. Suhu dan waktu pasteurisasi bervariasi tergantung pada jenis mesin pasteurisasi dan regulasi keamanan pangan yang ada. Biasanya, susu dipanaskan pada suhu sekitar 72-75°C selama 15-20 detik atau pada suhu lebih tinggi (sekitar 85°C) selama periode yang lebih singkat, seperti 5-10 detik.

Mesin Pasteurisasi

Mesin pasteurisasi adalah alat atau teknologi khusus yang dirancang untuk menjalankan proses termal pasteurisasi secara efisien. Mesin ini dilengkapi dengan pemanas, penukar panas, dan kontrol suhu yang canggih untuk memastikan suhu yang tepat selama proses. Penukar panas menjadikan susu dapat dipanaskan dan didinginkan dengan cepat, menjaga kualitas dan keamanan produk.

Keuntungan Proses Pasteurisasi Termal

  • Mengurangi Risiko Penyakit: Proses termal pasteurisasi efektif mengurangi jumlah bakteri patogen tanpa menghilangkan nutrisi penting.
  • Meningkatkan Daya Simpan: Pasteurisasi membantu memperpanjang masa simpan susu, memungkinkan distribusi yang lebih luas dan ketersediaan yang lebih lama di pasaran.
  • Menjaga Kualitas: Mesin pasteurisasi modern dirancang untuk mempertahankan cita rasa, warna, dan tekstur asli susu selama proses.

Kesimpulan

Dengan memahami proses termal pasteurisasi susu dan peran mesin pasteurisasi, produsen dapat mengaplikasikan pentingnya keamanan pangan dalam industri susu. Pasteurisasi bukan hanya sebagai langkah penting untuk menghasilkan produk yang sehat, tetapi juga memberikan hasil utama dalam mempertahankan kualitas produk susu yang lezat dan bergizi. Mesin pasteurisasi yang canggih membantu industri susu mencapai standar keamanan dan kualitas yang baik.

Tersedia berbagai jenis mesin pengolahan pangan INAGI, dan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

email : inagiofficial@gmail.com

CP      : 0815-5549-9975

IG       : @inagiofficial

6 thoughts on “Proses Termal Pasteurisasi Susu agar Steril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *